29 Desember 2020

Aku tidak merasa puitis

Aku tidak merasa puitis
Tapi kata-kata ingin keluar dari diriku
Karena hanya inilah satu-satunya jalan
Untukku merasa damai
Aku bukan penulis yang baik, barangkali
Tapi puisiku tetap layak dibacakan
Karena ia datang dari hati yang dalam
Selama ini aku bertanya
Dimanakah letak hati manusia
Kenapa ia begitu peka dengan banyak perasaan
Pada banyak waktu aku merasa bodoh
Meski aku telah berbuat baik
Tapi, untuk seorang penulis
Berbuat baik saja tidaklah cukup
Ia harus jujur pada kata-katanya
Aku ingin bisa jujur tapi,
Aku tidak selalu tahu bagaimana caranya
Orang berkata
Penulis adalah orang yang hebat
Karena ia mengatakan kebenaran
Tapi aku tidak merasa hebat
Aku tidak merasa istimewa
Menulis terasa biasa saja
Nyaris membosankan
Kuharap suaraku bagus
Agar aku bisa menyanyi
Kuharap gambarku artistik
Agar aku bisa menjadi seniman
Kuharap lariku sangat cepat
Agar aku bisa menjadi atlet
Kuharap aku bisa melakukan hal lain
Apapun selain menulis
Tapi yang bisa kulakukan
Hanyalah menggaungkan kata-kata kosong ini
Aku ragu apakah ada yang akan membacanya
Aku tak bisa melihat pada kegelapan
Yang kulihat hanya diriku sendiri
Aku merasa sedikit kesepian
Dan putus asa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar