29 Desember 2020

Kata-kata Ini

Kata-kata ini
Tidaklah punya banyak arti
Tapi kata-kata ini juga
Memberiku kekuatan di masa-masa gelapku
Aku memang bukan Andrea Hirata
Aku bukan juga Ahmad Tohari
Aku hanyalah Anton Erlangga
Yang tidak banyak dikenal
Tidak menjadi siapa-siapa juga anugerah
Tapi kadang-kadang aku ingin 
Menjadi seseorang yang lain
Pemenang penghargaan
Atau atlet triathlon
Aku ingin seterkenal Charles Dickens
Atau Somerset Maugham
Jika seseorang membaca puisiku
Aku ingin tahu apa yang mereka pikirkan
Kadangkala aku merasa
Orang tidak benar peduli kepadaku
Tapi sudahkah
Sudahkah aku peduli dengan orang lain?
Tidak, aku bukan orang yang sangat peduli
Aku acuh tak acuh
Jika orang menganggapku baik
Itu hanya karena aku tidak ingin dicap buruk
Tapi tidak apa-apa
Setidaknya aku melakukan hal yang benar
Yakni menulis puisi
Karena pada dasarnya,
Orang baik tidak cukup dengan menjadi orang baik
Dia harus melakukan sesuatu yang benar
Dan bertahan pada prinsipnya
Orang baik tidak harus peduli pada semua hal
Orang baik peduli pada apa yang menurutnya benar
Begitulah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar