29 Desember 2020

Tak Perlu Dayung

Aku tidak lagi memerlukan dayung
Akan kubiarkan ombak kehidupan menuntun kapalku
Kukembangkan layar selebar-lebarnya
Aku hanya perlu bermimpi, dan sedikit berusaha
Sisanya biar keajaiban hidup yang menentukan
Banyak hal ajaib terjadi setiap harinya
Kehidupan kita adalah saat-saat itu
Kini aku pasrah
Dengan segalanya yang dilimpahkan padaku
Kuingatkan diri, bahwa aku bukanlah nahkoda
Aku hanyalah seorang pemimpi
Dan seorang penyair
Di abad ini, untuk bertahan hidup
Kita memang perlu bermimpi, dan sedikit berharap
Tidak perlu berusaha sangat keras
Kita perlu banyak keberanian
Dan beberapa orang teman
Kita tak perlu banyak uang
Karena semuanya tergantung arah angin
Dan kemampuan kita membaca bintang-bintang
Aku akan mengikuti arus
Tanpa rasa khawatir
Tanpa kegelisahan
Karena kini aku telah menemukan arti hidupku
Dan aku akan terus menjalaninya
Aku takkan melompat ke laut
Aku takkan takut kapalku karam
Kemanapun aku pergi
Hidup atau mati
Aku masih akan menjadi bagian dari alam semesta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar